Senin, 02 Juli 2012

PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Teknologi komputer sebagai suatu produk telah berkembang sedemikian rupa sehinnga mempengaruhi kehidupan kita.Berbagai kemajuan teknologi komputer bisa kita lihat antara lain dalam bidang pertanian, industri dan sekarang sedang terjadi perkembangan pesat teknologi komputer dalam dunia pendidikan.
Teknologi komputer hendaknya tidak dipandang hanya sebagai fasilitas.Namun, teknologi adalah proses mendapatkan nilai tambah.Dalam proses itu tentunya menghasilkan produk yang bermanfaat khususnya bagi dunia pendidikan.

Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat berbasis pengetahuan teknologi. Pendidikan harus terus menerus melakukan adaptasi dan penyesuaian perkembangan teknologi sehingga tetap relevan dan konstektual dengan perubahan.
oleh karena itu dalam dunia pendidikan kurikulum pembelajaran harus dikembangakan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan teknologi.

Bentuk perkembangan teknologi menurut Prof. Dr. Yusufhadi Miarso M.Sc, dapat dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu:
1. Pengembangan sistem belajar pembelajaran yang inovatif.
2 .Pengembangan teknologi dalam proses belajar.
3. Peningkatan kinerja sumber daya manusia agar lebih produktif.
Sebagai pengembangan sistem belajar pembelajaran yang inovatif berbagai pola pembelajaran alternatif seperti pembuatan berbagai paket atau sumber belajar telah banyak digunakan. Peran teknologi dalam proses belajar meliputi belajar jarak jauh dengan sarana telekomunikasi, pembelajaran dengan bantua komputer (CAI) Computer Assisted Intruction, dan pengembangan sistem belajar melalui jaringan maya.

Pelaksanaan peran teknologi ini ditujukan untuk peningkatan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran dan lapangan kerja.
Untuk melaksanakan peran tersebut diperlukan berbagai dukungan, antara lain: dukungan moral, dukungan organisasi, dukungan personil, dukungan dana, dukungan sarana prasarana.
Perlu disadari pelaksanaan peran teknologi ini khususnya komputer tidak mungkin dilakukan seperti halnya membalik telapak tangan artinya perlu dukungan dan mempertimbangkan seluruh faktor yang terkait.

Akhirnya mudah-mudahan penulis mampu mengimplementasikan kemajuan teknologi komputer dalam proses pembelajaran lebih dari apa yang telah di lakukan penulis....Amiiiin............


By Masfufah_smkkp2bdg

Tidak ada komentar: