Selasa, 31 Juli 2012

JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6

JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6
KODE SOAL 21

1. Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik
     ke praktis, bisa juga dipandang dalam bentuk cara membuat sesuatu (ide) dan dalam bentuk
     benda sebagai yang di hasilkan.
     Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan
     bermanfaat dalam mengambil keputusan atau secara singkat adalah data yang terstruktur hasil olahan.
      Jadi Teknologi informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk mengolah informasi agar informasi
      tersebut  dapat dicari dengan mudah dan akurat..

2. Pengertian Komputer
     Kata komputer berasal dari bahasa inggris "to compute" yang berarti menghitung, sedangkan computer
     berarti alat penghiting. Dalam perkuliahan komputer diartikan, mesin serba guna yang dapat di kontrol
     oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
     Komputer dapat didefinisikan juga sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif  dan
     integratif berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori dan
     menampilkan hasil berupa informasi.


 3. Piranti Komputer
     Pengertian piranti komputer (hardware) dalam bahasa Indonesia disebut juga "perangkat keras" adalah
     salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau
     yang berbentuk nyata yang berfungsi mendukung komputerisasi. Komputer terdiri dari beberapa
     komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerjasama
     membentuk suatu kesatuan.

      Berdasarkan fungsinya perangkat komputer terbagi menjadi:
  • Input Device (Unit masukan)
  • Process Device (Unit pemrosesan)
  • Output Device (Unit keluaran)
  • Backing Storage (Unit penyimpanan)
  • Perferal (Unit tambahan)
      Input Device (Unit masukan).
      Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan
      prosessor   untuk diolah guna menghasilkan informasi yang dihasilkan.
      Contoh : Keyboard, Mouse, Touchpad, Joystick, Barcode, Scanner, Kamera digital.

    Process Device (Unit pemrosessan).
    Contoh : Power supply, RAM, Prosessor, Motherboard
   
Output Device (Unit keluaran)
Contoh : Monitor, Printer, Speaker
 
.
Backing Storage (Unit penyimpanan)
Contoh : Harddisk
Periferal (Unit tambahan)
Contoh : Modem
         
4.  Pemrograman
     Pengertian pemograman sering di istilahkan dengan bahasa komputer adalah komando/instuksi untuk
     memerintah  komputer.
     Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan perintah dasar (instruction set). Intruksi yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : input, output, proses, percabangan, dan perulangan.
Bahasa pemrogaraman adalah alat untuk membuat program.
contoh : C, C++, C#, Pascal, Basic, PHP, ASP, Java dll.
Perbedaan : cara memberikan intruksi.
Persamaan : bertujuan menghasilkan output yang sama.

5.  Multimedia  kaitannya dengan pembelajaran.
     Multi    artinya banyak
     Media berarti saluran/sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
     Multimedia dalam pembelajaran bisa diartikan belajar dari berbagai sumber.
    Melihat perkembangan multimedia saat ini yang semakin modern sehingga sangat memungkinkan     dijadikan         inovasi  model-model pembelajaran dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran.
     Menurut Robin dan Linda (2001) menyebutkan multimedia sebagai alat yang dapat menciptakan
     presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi audio dan video.
     Sehingga cukup memberikan nuansa belajar yang lebih progresif dan penuh alternatif dalam
     memecahkan masalah belajar.
     Dengan multimedia, guru mampu :
     -  mendemonstrasikan konsep yang abstrak
     -  mengakomodasi berbagai gaya belajar
     -  mendorong minat belajar
     -  menciptakan belajar aktif
     -  memungkinkan yang tidak mungkin (terlalu besar, terlalu berbahaya, terlalu mahal)
     -  memperjelas pesan yang disampaikan.
     - menyajikan informasi yang memerlukan gerak.
     -  memberikan pengalaman segi pengamatan  dan menyajikan perbedaan warna secara visual.

6.  Internet kaitannya dengan Pembelajaran
     Internet bisa didefinisikan network komputer yang tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilyah ke wilayah lainnya di seluru penjuru dunia, di mana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai informasi serta fasilitas layanan internet, memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara pengguna. Pemanfaatan internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan informasi dan komunikasi masyarakat, diantaranya :
  • Berkirim pesan ke seluruh dunia melalui e-mail
  • Mengakses berita dan ilmu pengetahuan
  • Ngobrol via internet
  • Telepon dan vidio conferencing
  • Download, mengunduh file-file
Peranan internet dalam pembelajaran adalah menyediakan sumber-sumber yang sangat kaya dengan memberikan link ke berbagai sumber belajar yang sesuai yang bisa di akses secara on line, bisa juga pembelajaran dilakukan melalui internet tanpa tatap muka.Ini bisa dikatakan langkah awal dalam penyelenggaraan pembelajaran berbasis internet.

7. Apa arti dari,
  • VGA adalah Video Grafik Accelelator, fungsinya untuk menjadikan tampilan grafis di komputer lebih bagus.
  • Domain Name adalah penamaan halaman web di internet di gunakan untuk "search engine" tempat web seseorang
  • Printer adalah  salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas
  • Operating System adalah perangkat lunak komputer (software) yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras, termasuk menjalankan software aplikasi.


Tidak ada komentar: