Selasa, 10 Juli 2012

Mengenal Software Untuk Pembuatan Animasi


A. Prinsip Dasar Animasi
     Animasiberasal dari kata Animation yang dalam bahasa Inggris " to animate" yang berarti menggerakan.Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.

B. Jenis-jenis Animasi
     Dari tehnik pembuatanya animasi yang ada pada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu :
1. Animasi Stop-motion
2. Animasi Tradisional
3. Animasi Komputer

C. Software Animasi
     Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari software yang punya kemampuan sederhana hingga yang komplek. Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokan menjadi menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi.
1. Software Animasi 2 Dimensi
    Adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara.
Contoh dari software Animasi 2 D ini, antara lain :
  • Macromedia Flash
  • Macromedia Director
  • ToonBoom Studio
  • Adobe ImageReady
  • Corel Rave
  • Swish Max
  • Adobe After Effect
2. Software Animasi 3 Dimensi
    Software Animasi 3D mempunyai fasilitas yang canggih untuk membuat animasi 3D. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import vidio dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3 D mempunyai kemampuan khusus misalnya untuk animasi figurel (manusia), animasi landscape (pemandangan) dll
Contoh Software 3D antara lain :
  • 3 D Studio Max
  • Poser (figurel animation)
  • Bryce (landscape animation)
  • Vue
Cinema 4 D
  • Blender
  • Daz3D

Mengenal Macromedia Flash 8
    Macromedia Flash 8, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. awalnya software ini memang di arahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online).Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat aplikasi yang bukan berbasis internet (offline). Dengan Actionscript 2.0 yang dibawanya, Flash 8 dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi. Penggunaan Flash 8 untuk animasi atau pembuatan bahan ajar interaktif tidaklah sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah digunakan, beberapa template dan component juga sudah disediakan siap digunakan.

A. Cara Membuka
     Untuk membuka program Macromedia Flash 8 dapat dilakukan cara berikut :
  • Pilih START > PROGRAM > Macromedia Flash 8
          ATAU
  • Pilih Ikon Flash 8 pada Dekstop (layar monitor)
B. Mengenal Jendela Kerja

1. Mengenal Menu Dasar
  • Menubar
          Berisi kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash 8
  • Toolbar
          Toolbar merupakan panel berisikan berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokan menjadi empat kelompok : TOOLS, berisi tombol-tombol untuk membuat, mengedit gambar, VIEW : untuk mengatur tampilan lembar kerja, COLORS: menentukan warna yang dipakai saat mengedit, OPTION : alat bantu lain untuk mengedit gambar.
  • Timeline
          Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi.
  • Stage
          Stage disebut juga layar atau punggung, digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi.Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dll.
  • Panel
          Beberapa panel penting dalam macromedia Flash 8 diantaranya panel: Properties, Filter & Parameters, Actions, Library, Colors and Align & Info & Transform
  • Properties
  • Library
2. Document Properties
    Fungsi Document Properties adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat.




Refernsi : Modul KKPI
               Modul Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis TIK


By Masfufah_smkkp2bdg

.

Tidak ada komentar: