A. Prinsip Dasar Animasi
Animasiberasal
dari kata Animation yang dalam bahasa Inggris " to animate" yang
berarti menggerakan.Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu
(gambar atau obyek) yang diam.
B. Jenis-jenis Animasi
Dari tehnik
pembuatanya animasi yang ada pada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu
:
1. Animasi Stop-motion
2. Animasi Tradisional
3. Animasi Komputer
C. Software Animasi
Saat ini
terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari software
yang punya kemampuan sederhana hingga yang komplek. Dari sisi fungsi penggunaan
software animasi dapat dikelompokan menjadi menjadi Software Animasi 2 Dimensi
dan Software Animasi 3 Dimensi.
1. Software Animasi 2 Dimensi
Adalah software
yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya
mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa
dapat mengimpor suara.
Contoh dari software Animasi 2 D
ini, antara lain :
- Macromedia Flash
- Macromedia Director
- ToonBoom Studio
- Adobe ImageReady
- Corel Rave
- Swish Max
- Adobe After Effect
2. Software Animasi 3 Dimensi
Software Animasi 3D
mempunyai fasilitas yang canggih untuk membuat animasi 3D. Fasilitas dan
kemampuan tersebut antara lain membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera,
pemberian efek, import vidio dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa
software animasi 3 D mempunyai kemampuan khusus misalnya untuk animasi figurel
(manusia), animasi landscape (pemandangan) dll
Contoh Software 3D antara lain :
- 3 D Studio Max
- Poser (figurel animation)
- Bryce (landscape animation)
- Vue
Cinema 4 D
- Blender
- Daz3D
Mengenal Macromedia Flash 8
Macromedia Flash 8,
merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis vektor dengan
hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. awalnya software ini memang di arahkan
untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online).Tetapi pada
perkembangannya banyak digunakan untuk membuat aplikasi yang bukan berbasis
internet (offline). Dengan Actionscript 2.0 yang dibawanya, Flash 8 dapat
digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi.
Penggunaan Flash 8 untuk animasi atau pembuatan bahan ajar interaktif tidaklah
sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah digunakan, beberapa template dan
component juga sudah disediakan siap digunakan.
A. Cara Membuka
Untuk membuka
program Macromedia Flash 8 dapat dilakukan cara berikut :
- Pilih START > PROGRAM > Macromedia Flash 8
ATAU
- Pilih Ikon Flash 8 pada Dekstop (layar monitor)
B. Mengenal Jendela Kerja
1. Mengenal Menu Dasar
- Menubar
Berisi kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash 8
- Toolbar
Toolbar merupakan panel berisikan berbagai macam tool. Tool-tool tersebut
dikelompokan menjadi empat kelompok : TOOLS, berisi tombol-tombol untuk
membuat, mengedit gambar, VIEW : untuk mengatur tampilan lembar kerja, COLORS:
menentukan warna yang dipakai saat mengedit, OPTION : alat bantu lain untuk
mengedit gambar.
- Timeline
Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau
mengontrol jalannya animasi.
- Stage
Stage disebut juga layar atau punggung, digunakan untuk memainkan objek-objek
yang akan diberi animasi.Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi
warna dll.
- Panel
Beberapa panel penting dalam macromedia Flash 8 diantaranya panel: Properties,
Filter & Parameters, Actions, Library, Colors and Align & Info &
Transform
- Properties
- Library
2. Document Properties
Fungsi Document Properties
adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate,
dan dimensi dari animasi yang akan dibuat.
Refernsi : Modul KKPI
Modul Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis TIK
By Masfufah_smkkp2bdg
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar